Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:56 WIB
Detail
BukuEvaluasi Tahap Pembelajaran Program Pelatihan New Employee Orientation – 5C PT KG
Bibliografi
Author: ARYAPUTRA, WILLIAM ; Riyanti, B.P. Dwi (Advisor)
Topik: New Employee Orientation; NEO-5C
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Profesi Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: William Aryaputra Master Theses.pdf (406.99KB; 68 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MP-016
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
KG memiliki falsafah perusahaan berupa nilai-nilai yang disepakati
bersama menjadi pandangan hidup dan landasan berpijak setiap karyawan di
dalam melaksanakan tugasnya. Manusia, pada hakekatnya terpanggil untuk
bersama dengan sesama berkarya demi pengembangan diri serta lingkungannya ke
arah kebaikan dan kesempurnaan yang bersumber pada Tuhan YME.
Falsafah yang dimiliki perusahaan dirumuskan ke dalam nilai kepribadian
yang positif (watak baik), profesionalisme dan tanggung jawab sosial. Nilai-nilai
ini mengiringi perjalanan kegiatan bisnis dari KG, hingga pada tahun 2003
diadakan rapat kerja pimpinan unit-unit KG. Kemudian, perubahan tersebut
kembali terjadi ketika pada tahun 2007. Sampai pada perubahan yang terakhir
terjadi karena rasa bersaing dan keinginan untuk terus berkembang, sehingga pada
KICK OFF 2007 PERFORMANCE CONTRACT dimunculkan visi dan misi baru
bagi KG hingga tahun 2020, yaitu:
“Menjadi Perusahaan yang terbesar, terbaik, terpadu dan tersebar di
Asia Tenggara, melalui usaha berbasis pengetahuan, untuk menciptakan
masyarakat terdidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan dan adil
sejahtera.”
Dengan adanya perubahan visi dan misi hingga 2020 ini, maka nilai-nilai
dasar yang sudah ditetapkan sebelumnya pun mengalami perubahan. Perubahan
tersebut bertujuan untuk lebih mengakomodasi pencapaian visi dan misi 2020
yang sudah dicanangkan. Nilai-nilai dasar tersebut terdiri dari caring (sensitivity, emphaty, toleran, adaptif), credible (integirty, honesty, responsible, dedikatif),
competence (profesionalisme, inisiatif, achievement drive, decision making),
competitive (Kreatif, inovatif, kompetitif, sportif), customer delight (Customer
orientation, customer satisfaction, customer loyalty).
Pengenalan nilai-nilai dasar KG diberikan pada saat seseorang diterima
dan menjadi bagian dari KG. Pemilik perusahaan perlu memastikan bahwa
karyawan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan bagaimana melakukannya.
Oleh karena itu, pihak perusahaan perlu mengorientasi dan melatih mereka.
Dalam penelitian ini, peneliti menekankan pada efektivitas pelatihan orientasi
nilai bagi karyawan baru tersebut. Adapun program orientasi nilai ini kemudian
diberikan nama New Employee Orientation – 5C (NEO – 5C). NEO – 5C
merupakan program pelatihan yang mencoba memberikan pemahaman mengenai
nilai-nilai dasar KG. Evaluasi program pelatihan NEO-5C yang akan dilaksanakan
menggunakan pendekatan kuantitatif (alat tes pemahaman dan pengetahuan) yang
dilengkapi dengan pendekatan kualitatif (analisa kuesioner lembar evaluasi
pelatihan dan wawancara mendalam). Selain itu, modul pelatihan divalidasi
dengan cara expert judgment, mengukur mengenai: sasaran pelatihan, materi,
metode yang digunakan, fasilitas pendukung, dan antusias peserta pelatihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat pengetahuan
yang signifikan antara hasil pre dan post tes dari pelatihan NEO – 5C tetapi tidak
ada perbedaan tingkat pemahaman yang signifikan antara hasil pre dan post tes
dari pelatihan NEO – 5C. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan berjalan dengan
menitikberatkan pada transfer of knowledge. Sedangkan, kelemahan dari pelatihan
ini adalah kurangnya kerjasama antara fasilitator, pengurangan materi pada
pelaksanaan, dan adanya keterlambatan waktu. Oleh karena itu peneliti
memberikan rekomendasi yaitu perlu ditingkatkan kerjasama antara fasilitator
dengan penyusun materi dan fasilitator lainnya, fasilitator diharapkan dapat
menjalankan keseluruhan materi yang direncanakan bersama, fasilitator
diharapkan dapat melakukan improvisasi dengan tetap mengacu pada materi, dan
adanya revisi dari silabus yang telah digunakan. Peneliti mengharapkan agar
pelatihan NEO-5C dapat berjalan lebih baik pada kesempatan selanjutnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)