Anda belum login :: 27 Nov 2024 12:59 WIB
Detail
BukuPenyusunan Uraian Jabatan Dan Spesifikasi Jabatan Pada Tenaga Kependidikan Di Preschool R Salatiga
Bibliografi
Author: SABDASTRINAR, BIMI TANIDA ; Panggabean, Hana Rochani G. (Advisor)
Topik: Uraian; Spesifikasi; Jabatan
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Magister Profesi Psikologi Sekolah Pascasarjana Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Master Thesis
Fulltext: Bimi Tanida Sabdastrinar Master Theses.pdf (398.7KB; 27 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: MP-017
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Praktek manajemen sumber daya manusia (MSDM) di perusahaan semakin dituntut untuk lebih responsif. Keberhasilan berbagai kebijaksanaan di atas pada hakekatnya sangat tergantung pada perumusan job description dan job specification yang akurat. Dengan tidak adanya uraian jabatan yang jelas, dapat menyebabkan tumpang tindih tugas antara satu pekerjaan dengan yang lainnya antara satu jabatan dengan jabatan yang lainnya. Hal inilah yang terjadi di sebuah institusi yang berada di kota Salatiga-Jawa Tengah yang berada di bawah Yayasan SMS (inisial), bernama Preschool R (inisial). Pihak yayasan telah melakukan perekrutan pegawai sesuai dengan standarisasi yang mereka telah susun sendiri. Mereka bekerja tanpa memiliki batasan yang jelas dan hanya berdasarkan atas tugas-tugas umum yang diberikan secara informal. Setelah beberapa bulan berjalan, batasan yang tidak jelas tersebut ternyata juga memicu konflik terjadinya tumpang tindih tanggung jawab antar jabatan. Yayasan mendapatkan pegawai yang mengeluhkan adanya overlapping tugas pada jabatannya. Mereka menyadari bahwa apabila ketidak jelasan pekerjaan tetap dibiarkan terjadi di RP, maka potensi konflik SDM juga akan bermunculan. Mengingat bahwa RP merupakan institusi yang baru berdiri maka susunan uraian jabatan sangat diperlukan dan akan menjadi patokan penting sebelum mereka melangkah pada tahun ajaran baru ini. Dalam penelitian ini akan dihasilkan data uraian jabatan dan spesifikasi jabatan dari setiap jabatan tenaga pendidik yang ada di institusi pendidikan RP. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang berupa hasil wawancara, serta benchmark dokumen uraian jabatan sekolah lainnya yang sejenis. Penelitian ini tergolong dalam tipe action research dan menggunakan metode pengambilan sampel criterion sampling dengan responden sebanyak tujuh (7) orang. Pengambilan data menggunakan tehnik wawancara terfokus dengan menyusun tabel pertanyaan dimana elemen-elemen dasar pekerjaan dapat tergali. Setelah itu, jawaban akan dikumpulkan sesuai dengan jabatan masing-masing dan dikelompokkan berdasarkan kategori jawaban. Hasilnya akan di crosscheck dengan data benchmark serta visi, misi dan filosofi RP sehingga akan tersusun sebuah uraian dan spesifikasi jabatan yang sesuai dengan institusi. Secara garis besar tenaga kependidikannya telah cukup banyak memahami tanggung jawab dan pekerjaan dari jabatannya masing-masing karena sebagian besar dari tenaga yang direkrut merupakan tenaga berpengalaman pada institusi pendidikan yang sejenis, sehingga mereka memiliki gambaran tentang tugas-tugas dan tanggung jawab mereka. Mengingat faktor jabatan dan pemangku jabatan merupakan faktor yang berkesinambungan, maka setelah tersusun uraian dan spesifikasi jabatan, perlu dilakukan evaluasi terhadap hasil pemangku jabatan yang telah di rekrut oleh pihak yayasan. Apabila ternyata terdapat ketidaksinambungan, maka sebaiknya dilakukan beberapa program pengembangan karyawan.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.203125 second(s)