Kode etik guru adalah landasan moral, pedoman, sikap, tingkah laku, dan perbuatan dalam melaksanakan tugas keguruan atau aturan yang harus ditaati oleh setiap guru . Kepuasan kerja guru adalah perasaan puas guru terhadap pekerjaannya atau merupakan respon terhadap lingkungan kerja yang dialami sehari-hari. Dalam lingkungan kerja, setiap orang mengadakan penyesuaian diri, baik dengan aturan yang berlaku secara umum maupun aturan instansi dimana ia berkarya. Pemahaman kode etik akan mempengaruhi seorang guru dalam merasakan kepuasan kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman kode etik guru dengan kepuasan kerja guru SD Bunda Hati Kudus (BHK) Kota Wisata. Subjek penelitian sebanyak 37 guru dari SD BHK Kota Wisata. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional, yaitu mencari hubungan antara dua variabel yaitu pemahaman terhadap kode etik keguruan dengan kepuasan kerja guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala penilaian dan tes uraian. Setelah ujicoba validitas pernyataan instrumen kepuasan kerja guru ada 22 pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,91 dan untuk ariabel pemahaman terhadap kode etik dinyatakan memenuhi indikator dalam kisi-kisi. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman kode etik guru dengan kepuasan kerja guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan khususnya kepada guru dan kepala sekolah mengenai aspek-aspek kepuasan kerja guru di SD BHK Kota Wisata. |