Globalisasi memunculkan standar global tentang kualitas dan produksi. Produksi bagi sebuah rumah sakit berkaitan dengan pelayanan yang diberikan sedangkan kualitas jasa terdiri dari lima dimensi yakni tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Salah satu standar global bagi rumah sakit adalah ISO dan JCIA. Rumah Sakit X telah mendapatkan kedua standar tersebut (ISO 9001:2000 dan JCIA). Bagi perusahaan jasa mempertahankan pelanggan berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Memberikan pelayanan yang berkualitas merupakan modal utama. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh kualitas jasa Rumah Sakit X terhadap loyalitas konsumen dan mana yang lebih berpengaruh dari kelima dimensi kualitas jasa terhadap loyalitas konsumen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas jasa Rumah Sakit X sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas konsumen. Metode penelitian menggunakan asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Analisis data menggunakan nilai mean, analisis korelasi dan regresi. Dari hasil analisis dan interpretasi data, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas jasa Rumah Sakit X sebagai rumah sakit dengan standar internasional berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dan yang pengaruhnya paling besar adalah dimensi reliability. Penulis menyarankan agar pihak Rumah Sakit X lebih meningkatkan dimensi responsiveness dan emphaty dalam usahanya untuk meningkatkan loyalitas konsumennya |