Diferensiasi yang kuat sangat dibutuhkan dalam sebuah merek untuk dapat tetap bertahan menghadapi persaingan pasar. Tidak terkecuali perusahaan yang memiliki strategi multi-brand seperti Indosat, dimana mereka memiliki dua produk sejenis yaitu Mentari dan IM3. Karena apabila perusahaan tidak memperhatikan diferensiasi antar keduanya, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya fenomena kanibalisasi dalam satu payung perusahaan yang sama. Penelitian yang bersifat komparatif ini membahas mengenai diferensiasi antara Mentari dan IM3 dilihat dari aspek fitur, harga, promosi, serta layanan yang diberikan oleh kedua brand tersebut, selain itu juga membahas apakah pengguna Mentari dan IM3 memiliki preferensi lebih besar terhadap brand-nya masing-masing. Setelah itu dapat diketahui apakah terdapat risiko kanibalisasi pada kedua brand tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada 100 mahasiswa Atma Jaya pengguna Mentari dan atau IM3. Kemudian kuesioner ini diolah menggunakan skala Likert dan analisa data menggunakan uji T (Independent sample T-Test) dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukkan adanya risiko kanibalisasi antara Mentari dan IM3, walaupun saat ini masyarakat masih melihat adanya diferensiasi antara Mentari dan IM3, namun signifikansi diferensiasi dinilai sangat lemah. Selain itu didapat hasil preferensi pengguna Mentari lebih kecil dibandingkan dengan preferensi pengguna IM3 terhadap brand-nya masing-masing, dimana hal ini memperkuat alasan terjadinya kanibalisasi khususnya pada Mentari. |