Perkembangan teknologi dan intormasi dewasa mu membenkan dampak yang besar bagi kehidupan di muka bumi, namum pada kenyataanya perkembangan tersebut tidak dibarengi dengan pelestanan lingkungan hidup yang berdampak pada perkembangan kehidupan yang akan datang, hal mi menimbulkan keprihatinan bagi sekelompok orang dan pemerintah di dunia. Khususnya pemerintah Indonesia sebagai negara berkembang merasa perlu menjaga kekayaan alam yang dimilikinya dengan mengeluarkan progran Ekolabel Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Lmngkungan Hidup diharapkan bukan saja membantu terciptanya pembangunan yang berkelanjutan bagi generasi penerus namun juga membantu para pengusaha lokal yang ingin tetap memasarkan produknya ke mancanegara. Tujuan dan penelitian mi adalah untuk melihat dan menganalisa Strategi Pemasaran yang dilakukan PT. Pindo Deli berdasarkan program ekolabel Indonesia. Penelitian mi juga untuk mengetahui apakah strategi yang dilakukan PT. Pindo Deli telah berhasil dan memenuhi target pasamya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dan hash penelitian ditemukan bahwa program ekolabel Indonesia telah memberikan kontribusi besar bagi PT. Pindo Deli khususnya dilihat dan pemasaran produk ke mancanegara. Berdasarkan analisa, penulis menyarankan supaya PT.Pido Deli tetap menggunakan logo ekolabel pada setiap produknya bukan hanya produk yang dipasarkan ke mancanegara namun juga ke pasar lokal dan bagi Kementerian Negara Lingkungan Hidup kiranya dapat terus melakukan promosi program ekolabel lndonesi agar terciptanya masyarakat yang berwawasan lingkungan. |