Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:16 WIB
Detail
BukuPenggunaan Media Cetak dalam Upaya Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda Terhadap Pemanasan Global (Studi Kasus : Rubrik “GREEN T” dalam Majalah Cita Cinta)
Bibliografi
Author: YULIATI ; Tirtokentjono, Agnes Maria S. (Advisor)
Topik: Majalah; Kepedulian; Generasi Muda; Pemanasan Global
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yuliati's Undergraduate Theses.pdf (754.51KB; 25 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1459
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Pemanasan global merupakan salah satu masalah sosial yang saat ini tengah banyak diperbincangkan setelah terjadi berbagai dampak terhadap bagai upaya diperlukan untuk mengkomunikasikan secara mendalam mengenai isu pemanasan global ini kepada seluruh pihak, khususnya adalah kepada generasi muda sebagai kelompok yang sesungguhnya akan merasakan dampak pemanasan global di masa yang akan datang, dan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap masalah tersebut. Upaya untuk mengkomunikasikan ini dapat dilakukan melalui Pemasaran Sosial melalui bauran komunikasi pemasaran, salah satunya adalah melalui Publisitas (Publicity) melalui salah satu perangkat komunikasi yaitu media. Salah satu media cetak yang telah mengkomunikasikan mengenai pemanasan global adalah majalah Cita Cinta melalui suatu rubrik khusus, yaitu GREEN T yang membahas mengenai pemanasan global, mulai dari penyebab dari pemanasan global, cara pencegahan, kamus hijau serta gaya hidup yang bersifat “green” (gaya hidup yang mendukung pencegahan pemanasan global). Penelitian ini bersifat deskriptif dan metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling, dengan teknik sampling yang diambil purposive sampling, yang di mana merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Pengambilan data utama adalah dengan kuesioner dan wawancara mendalam. Jumlah responden sebanyak 80 orang yang ditentukan berdasarkan karakteristik sampel dan untuk responden wawancara mendalam sebanyak lima orang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media cetak dalam upaya meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap pemanasan global melalui rubrik GREEN T dalam majalah Cita Cinta cukup berhasil. Responden memiliki wawasan yang cukup baik tentang pemanasan global. Selain itu, harapan dan tujuan majalah Cita Cinta juga terpenuhi untuk meningkatkan kepedulian pembaca Cita Cinta yang tergolong generasi muda terhadap pemanasan global, melalui berbagai informasi berkaitan dengan pemanasan global yang disampaikan dalam rubrik GREEN T
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)