Anda belum login :: 23 Nov 2024 03:13 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Kesetiaan Pengunjung dengan Menggunakan Persamaan Struktural dan Model Kano (Studi Kasus : Kebun Binatang X - Jakarta)
Bibliografi
Author:
APRILIANTI, VINAROSA
;
Sukwadi, Ronald
(Advisor)
Topik:
Kepuasan Pengunjung
;
Kesetiaan Pengunjung
;
Kebun Binatang
;
SEM
;
Kano
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Vinarosa Aprilianti's Undergraduate Theses.pdf
(5.88MB;
84 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FTI-395
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, persaingan di dunia industri semakin meningkat. Setiap perusahaan dan industri berlomba-lomba dalam menghasilkan produk dan jasa yang terbaik untuk merebut pangsa pasar. Oleh karena itu, agar suatu tempat wisata dapat bertahan dalam perkembangan di dunia pariwisata saat ini maka suatu tempat wisata harus dapat memenuhi kepuasan pengunjungnya. untuk memuaskan pelanggan maka nilai yang diinginkan oleh pelanggan harus selalu dideteksi secara kontinyu. Karena keinginan dan kebutuhan dari pelanggan selalu bergerak dinamis. Pengukuran akan kepuasan pelanggan yang merupakan salah satu cara untuk mengidentifikasi keinginan dan kebutuhan pelanggan serta mengetahui sejauh mana pelanggan merasa puas akan performa perusahaan. Namun kepuasan pelanggan saja tidak cukup untuk dapat dikatakan suatu industri pariwisata dapat berkompetisi dan bertahan di masa yang akan datang. Kepuasan hanyalah awal dari terbentuknya loyalitas. Maka dengan loyalitas inilah akan mampu menjaga eksistensi perusahaan, dalam hal ini industri pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan dan kesetiaan pengunjung pada Kebun Binatang X. Sampel yang digunakan yaitu pengunjung yang datang dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu judmental. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling software 7.0 dan Kano Model. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan dan kesetiaan pengunjung serta kepuasan pengunjung berpengaruh terhadap kesetiaan pengunjung. Dari hasil penelitian ini didapatkan indikator yang berpengaruh terhadap variabel kualitas pelayanan adalah tur keliling dan pusat informasi. Dari variabel kepuasan pengunjung, indikator yang berpengaruh adalah kesenangan dan pengetahuan. Dan dari variabel kesetiaan pengunjung adalah retention dan referral. Model yang dibentuk ini dapat diterima dan fit karena didukung oleh nilai chi-square 7.380 yang lebih kecil dari chi-square tabel 12.592, nilai probabilitas sebesar 0.287 yang lebih besar dari 0.5, nilai CMIN/DF sebesar 1.230 yang kurang dari 2.00, nilai GFI sebesar 0.986, AGFI sebesar 0.950 yang lebih besar dari 0.90 , TLI sebesar 0.972 yang lebih besar dari 0.95, dan RMSEA sebesar 0.038 yang kurang dari 0.08. Dan dari model Kano di dapat dua kategori yaitu Must be (M) untuk indikator pusat informasi, kesenangan, pengetahuan dan referral. Dan yang lainnya adalah kategori Indiferrent (I) untuk indikator tur keliling dan retention.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)