Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan antara elemen bauran pemasaran terhadap ekuitas merek. Model persamaan struktural dalam penelitian ini didasarkan pada teori-teori yang sudah ada sebelumnya, dimana variabel-variabel dan indikator-indikator yang terdapat dalam model struktural ini dikembangkan dari teori-teori tersebut. Di dalam model konseptual, elemen bauran pemasaran harga, citra toko, intensitas distribusi dan pengeluaran periklanan memiliki hubungan dengan dimensi-dimensi dari ekuitas merek, yaitu kesan kualitas, loyalitas merek dan kesadaran merek. Selanjutnya, dimensi-dimensi dari ekuitas merek tersebut juga memiliki hubungan dengan ekuitas merek. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini didasarkan pada model persamaan struktural yang sudah diidentifikasi. Untuk menguji hipotesis dalam model persamaan struktural, dilakukan penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada 334 responden di Jakarta. Setelah dilakukan pengolahan data kuesioner dengan menggunakan software LISREL 8.30, diperoleh hasil penelitian yang mengindikasikan bahwa model persamaan struktural yang diuji memiliki indeks-indeks goodness of fit yang berada dalam rentang nilai yang diharapkan sehingga model yang diuji dalam penelitian ini dapat diterima. Besarnya nilai pengaruh tidak langsung antara elemen bauran pemasaran terhadap ekuitas merek mengindikasikan hubungan yang terjadi antara elemen bauran pemasaran terhadap terciptanya ekuitas merek dari produk Makarizo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk yang tinggi, citra salon yang baik, intensitas distribusi yang tinggi dan pengeluaran periklanan yang tinggi dapat menciptakan ekuitas merek yang tinggi pula. |