Kesempatan untuk melakukan bisnis pada pasar internasional telah terbuka lebar. Pemasaran internasional yang melampaui suatu negara bahkan mencakup seluruh dunia menjadi strategi yang tepat untuk mengembangkan usaha dan mendapatkan pasar yang lebih luas. Pendekatan awal yang dapat dilakukan oleh para pebisnis untuk melakukan pemasaran internasional ialah menjalin ikatan sosial atau pribadi di luar negeri dengan agen-agen atau rekan-rekan asing. Setelah tercipta hubungan yang baik akan menumbukan kepercayaan antar pebisnis yang diharapkan dapat menciptakan hubungan kerja sama dalam rentang waktu jangka panjang. Langkah selanjutnya ialah memilih strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran internasional. Perusahaan dapat memilih tahapan dari pelibatan pada pemasaran internasional yang sesuai dengan tujuan dan kapabilitas perusahaan dalam rangka meningkatkan penjualan produk atau jasa dan mendapatkan profit. Penelitian ini membahas mengenai efektifitas strategi ekspansi pasar yang dilakukan oleh PT. PACTO Jakarta dengan memiliki sole agent di Malaysia terhadap peningkatan penjualan produk di luar negeri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif guna memperoleh gambaran, mengenai fakta-fakta serta efektifitas strategi ekspansi yang telah dilakukan PT. PACTO terhadap peningkatan penjualan. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan penelitian lapangan berupa wawancara dan pengumpulan data-data PT. PACTO serta penelitian kepustakaan dengan mencari buku, artikel, serta browsing internet. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata memiliki perantara agen di Malaysia dapat meningkatkan penjualan produk PT. PACTO. Meskipun kerja sama yang terjalin baru terjalin, yaitu sejak Oktober 2006 hingga sekarang, namun perantara agen tersebut dapat menunjukkan kemajuan yang lebih baik danlebih cepat dibandingkan perantara agen yang berada di Jerman dan telebih dahulu menjalin kerja sama dengan PT. PACTO. Keberadaan perantara agen tersebut sangat membantu PT. PACTO dalam memasarkan produk di pasar internasional khususnya pasar ASEAN dan lebih efisien daripada membangun cabang di luar negeri |