Era globalisasi telah membawa berbagai negara ke suatu perkembangan yang semakin kompetitif dalam segala bidang. Globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, terutama dalam bidang perdagangan yang membuat persaingan semakin ketat antar perusahaan. Hal ini semakin dirasakan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan membuat negara hampir tidak memiliki batas. Perubahan yang terjadi sedemikian rupa ini menuntut setiap perusahaan untuk memiliki keunggulan kompetitif supaya dapat terus eksis di bidang usahanya. Persaingan dalam pasar dunia yang semakin terbuka merupakan isu kunci dan tantangan yang tidak ringan. Tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan bersaing yang tinggi niscaya produk suatu negara, termasuk Indonesia, tidak akan mampu menembus pasar Internasional. Dengan kata lain, dalam pasar yang bersaing, keunggulan kompetitif merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Keunggulan kompetitif itu sendiri adalah sesuatu yang membedakannya dari pesaing-pesaing lain dan menciptakan inovasi-inovasi yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Oleh karena itu, salah satu faktor penentu keberhasilan yang cukup signifikan dari suatu organisasi bisnis untuk tetap mempertahankan keberadaannya dan bahkan mengembangkannya adalah dari faktor manusianya. Untuk memenuhi fungsinya sebagai pelaku bisnis, sumber daya manusia itu harus memiliki suatu pedoman yang jelas sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Pedoman ini terdapat dalam tujuan organisasi berkenaan dengan keunggulan kompetitif. Dalam hal ini, peran seorang pemimpin sangat dituntut untuk dapat memotivasi bawahannya dan mampu bersikap demokratis agar setiap karyawan dapat menyalurkan ide-ide kreatif mereka sehingga dapat menciptakan sesuatu yang inovatif. Sebagai perusahaan elektronik terbesar dan terkemuka di Indonesia, PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron) mencoba untuk memberikan yang terbaik untuk para konsumennya dengan mempunyai komitmen untuk fokus kepada pelanggan dengan menciptakan produk-produk yang inovatif setiap tahunnya. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai strategi yang kompetitif dan menjadikan strategi tersebut sebagai pusat organisasi. Strategi-strategi tersebut berupa strategi pemasaran yang dilakukan di dalam maupun luar negeri, strategi bertahan dalam bisnis, dan strategi yang berkaitan dengan sumber daya manusianya sehingga dapat tercipta keunggulan kompetitif. Dengan begitu, secara tidak langsung, karena strategi – strategi yang dilakukan maka telah membawa Perusahaan Polytron menuju kepada suatu keunggulan kompetitif. |