Anda belum login :: 22 Nov 2024 23:16 WIB
Detail
BukuPendekatan Resiprokal Dapat Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III SD Tarakanita I Jakarta Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Bibliografi
Author: SURATINI, Y ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor); Nugraheni, Yacinta Asih (Advisor)
Topik: Pemahaman Membaca; Pembelajaran Bahasa Indonesia; Pendekatan resiprokal.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-82
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Membaca adalah melihat serta memahami isi dan apa yang tertulis dengan cara melisankan atau hanya dalam hati, mengeja, menduga atau meramalkan, memperhitungkan dan melafalkan apa yang tertulis. Pemahaman adalah suatu
proses perbuatan atau cara memahamkan agar menjadi lebih mengerti tentang bacaan, wacana yang dibacanya. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Pendekatan resiprokal merupakan suatu strategi
belajar yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam usaha memahami dan mengidentifikasi pokok-pokok pikiran dalam suatu bacaan melalui kegiatan menyimpulkan (summarizing), menanyakan (questioning), memperjelas
(clarifjying), dan meramalkan (predicting).
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pendekatan resiprokal dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas III SD
Tarakanita I pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas III B sebanyak 35 anak. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas
pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar Iebih profesional. Teknik pengumpulan data diperoleh dan dokumentasi, wawancara, observasi, hasil pre
test dan post test dengan jumlah soal 23 butir soal pilihan ganda yang sudah diolah dengan menggunakan teknik analisis korelasi point biserial dan reliabilitas tes menggunakan rumus Alpha Cronbach ‘s. Teknik analisis data pada proses
pembelajaran dideskripsikan secara kualitatif dan hasil tes diolah secara kuantitatif.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)