Membaca adalah melihat serta memahami isi dan apa yang tertulis dengan cara melisankan atau hanya dalam hati, mengeja, menduga atau meramalkan, memperhitungkan dan melafalkan apa yang tertulis. Pemahaman adalah suatu proses perbuatan atau cara memahamkan agar menjadi lebih mengerti tentang bacaan, wacana yang dibacanya. Pembelajaran bahasa Indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia. Pendekatan resiprokal merupakan suatu strategi belajar yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam usaha memahami dan mengidentifikasi pokok-pokok pikiran dalam suatu bacaan melalui kegiatan menyimpulkan (summarizing), menanyakan (questioning), memperjelas (clarifjying), dan meramalkan (predicting). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pendekatan resiprokal dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas III SD Tarakanita I pada pembelajaran bahasa Indonesia. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas III B sebanyak 35 anak. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar Iebih profesional. Teknik pengumpulan data diperoleh dan dokumentasi, wawancara, observasi, hasil pre test dan post test dengan jumlah soal 23 butir soal pilihan ganda yang sudah diolah dengan menggunakan teknik analisis korelasi point biserial dan reliabilitas tes menggunakan rumus Alpha Cronbach ‘s. Teknik analisis data pada proses pembelajaran dideskripsikan secara kualitatif dan hasil tes diolah secara kuantitatif. |