Salah satu fakor kesulitan belajar matematika bagi siswa disebabkan pembelajaran yang kurang menarik dan seringkali matematika dianggap sebagai pelajaran yang sangat teoritis, hanya konsep atauteori, sehingga dirasakan sangat sulit. Kesulitan belajar bagi siswa ditandai dengan rendahnya hash belajar matematika. Hal mi dibuktikan dan hash ulangan harlan, dimana terdapat sekitar 65% siswa belum mencapai Kriteriria Ketuntasan Minimum (KKM).. Berdasarkan alasan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan menerapkam pendekatan pendidikan matematika realistik dalam pembelajaran matematika,hal ini bertujuan untuk menmgkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) merupakan pendekatan yang mengaitkan pembelajaran matematika dengan kehidupan nyata, sehingga siswa dapat menerapkan matematika untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Karakteristik pendekatan pendidikan matematika realistik adalah menggunakan konteks “dunia nyata”, produksi dan konstruksi, model-model, interaktifitas dan keterkaitan. Topik yang dipilih dalam pembelajaran ini adalah penjumlahan. |