Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:01 WIB
Detail
BukuHubungan Atara Penggunaan Alat Peraga IPA Dengan Hasil Belajar IPA Kelas V A SD Katolik Santo Paulus Sunter JAkarta-Utara
Bibliografi
Author: KENDARYADI, BERNARDUS ; CARLA LUCIA WANTANIA (Advisor)
Topik: Hasil Belajar; Alat Peraga IPA
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Bernandus Kendaryadi's Undergraduate Theses.pdf (924.93KB; 11 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-47
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Hash belajar yalta hash yang dicapai siswa setelah selesai mengikuti proses pembelajaran, dinyatakan dengan nilai yang dicapai setelah mengerjakan soal-soal formatif, pada pembelajaran IPA dengan Pokok Bahasan gaya Magnet. Alat peraga
artinya alat bantu yang digunakan oleh guru atau siswa dalam proses pembelajaran, agar materi pembelajaran mudah dipahami siswa. Alat peraga IPA dalam penelitian ini meliputi: bagaimana penggunaan alat peraga, mekanisme kerja, pemanfaatan waktu yang ada, pengaruh terhadap siswa, serta bagaimana caramerawat alat peraga tersebut. Penelitian mi bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan alat peraga IPA dengan hash belajar IPA kelas VA SD. Katolik Santo Paulus Sunter, Jakarta Utara. Penggunaan alat peraga merupakan vaniabel bebas,
sedangkan hash belajar IPA adalah variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian mi adalah metode korelasional dengan prosedur ex post facto, jumlah sampelnya 40 siswa terdiri dan 20 siswa dan 20 siswi kelas V A Sekolah Dasar
Katolik Santo Paulus Sunter, Jakarta Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dan skor skala sikap likert yang mengukur pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPA, serta hasil tes tingkat pengetahuan siswa tentang materi gaya
magnet. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan menerapkan teknik korelasi Product Moment — Pearson. Hash penelitian menunjukkan : bahwa penggunaan alat peraga IPA rata-rata cukup ( skor rata-rata 102,65 dan skor maksimum 150); Hash belajar tes formatif menggunakan alat peraga pada pokok bahasan gaya magnet balk (rata-rata 8,425 dan skor maksimum 10); Adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan alat peraga
IPA dengan hasil belajar IPA, karena t hitung > t tabel ( 0,817> 0,3 12, pada n = 40, signifikasi 5 %).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada rekan guru agar dalam proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran IPA hendaknya menggunakan alat peraga IPA, sehingga hasil belajarnya lebih baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.171875 second(s)