Anda belum login :: 26 Nov 2024 19:46 WIB
Detail
BukuPeran Guru Dalam Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan Di SD Santo Ignatius Jakarta Pusat
Bibliografi
Author: KEYTIMU, YUSPINA A GOWA ; INGRIDWATI KURNIA (Advisor)
Topik: Peran Guru; PAKEM
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yuspina A.G.K's Undergraduate Theses.pdf (2.1MB; 43 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-46
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Peran guru sebagai pengajar dan pembimbing bagi anak, oleh karena itu setiap anak mengharapkan guru mereka dapat menjadi contoh baginya. Untuk mendukung cita-cita itu, guru harus mampu mengajar, mendidik dan memahami norma-normayang ada di masyarakat. PAKEM adalah singkatan dan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mengemukakan gagasan. Peran aktif dan siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif. Kreaiifjuga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa, Disamping itu guru diharapkan dapat mengajar dengan menyenangkan. Menyenangkan adatah suasana belajarmengajar yang memusatkan perhatian siswa secara penuh padabelajar. Tujuan penelitian mi untuk memperoleh gambaran mengenai peran guru dalam melaksanakan PAKEM di kelas. Bentuk penelitian mi adalab kuafitatif Deskriptif dengan cara melaksanakan observasi langsung pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas dan melakukan wawancara terhadap 6 guru SD Santo Ignatius Jakarta pusat. Subjek penelitian adatah enam guru di SD Santo Ignatius yang merupakan wali kelas I s/d 6. Hasil penelitian mi rnenunjukkan bahwa PAKEM yang dilaksanakan oleh guru-guru SD Santo Ignatius Jakarta Pusat dilaksanakan dengan baik meskipun penerimaan siswa terhadap PAKEM tidak seragam. Hal mi nampak masih adanya siswa yang belum tertibat aktifdalam belajar mengajar. Disarankan kepada guru-guru untuk memperkaya din dengan metode pengajaran baru. Kepada sekolah untuk memberi kesempatan para guru agar mengikuti petatihan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Kepada Program PGSD untuk menjadi rnasukkan/informasi mengenai penggunaan PAKEM.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)