Pendidikan budi pekerti memiliki esensi dan makna yang sarna dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang balk, warga masyarakat. dan warga negara yang balk. Terhentuknya budi pekerti yang luhur merupakan tujuan dan pendidikan balk pada skala nasional maupun secara institusional. Pendidikan budi pekerti mi pelaksanaannya mengacu pada berbagal pendekatan. Pendekatan yang dapat disimak adalali penanaman nilai melalui pembiasaan. Pendekatan penananian nilai (inculcation approach) adalah suatu pendekatan yang memberi penekanan pada penanaman nilai-nilai sosial dalarn din siswa. Pembiasaan yang dirnaksud adalah penanaman nilai-nilai kepada peserta di 1k dengan menciptakan tingkungan yang kondusif dan konsisten dalam rnelatih peserta didik elaksanakan normanorma, nilai-nilai dan aturan-aturan yang disepakati. Pernbiasaan dilakukan dalam berbagal cara rnisalnya, menonton bersarna, diskusi, bernyanyi, rnenghafal sajak yang di dalamnya mengingatkan siswa terhadap aturan-aturan yang benlaku dalam kelas. Pembiasaan digunakan karena pada taraf kelas 2 SD siswa masih rnernbutuhkan banyak bimbingan dalarn belajar segala sesuatu. Pcmbiasaan memerlukan keteladanan dan konsistensi guru dalam rnelaksanakannya. |