Anda belum login :: 24 Nov 2024 16:09 WIB
Detail
BukuStrategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning Dalam Optimalisasi Penjualan Pada PT Direct Vision (Astro Indonesia)
Bibliografi
Author: HERA, MARIA MONICA ; Paulinus Prasetyo Nurhardjanto (Advisor)
Topik: Segmentasi; Targeting; Positioning
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Maria Monica Hera's Undergraduate Theses.pdf (347.08KB; 40 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FIAN-1414
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam situasi persaingan pemasaran provider TV berlangganan yang semakin ketat, PT Direct Vision sebagai operator TV berlangganan Astro di
Indonesia menyadari bahwa tidak mudah untuk dapat melayani konsumen secara tepat dan menguasai pasar TV berlangganan. Guna menyiasati hal tersebut, maka dilakukan suatu strategi segmentasi, penentuan pasar sasaran (targeting), dan penempatan posisi (positioning). Strategi-strategi tersebut diyakini dapat
mendukung kelancaran pelaksanaan strategi pemasaran perusahaan dalam memasarkan produknya. Dengan ditetapkannya strategi-strategi ini, maka perusahaan dapat mengkonsentrasikan pemasaran pada konsumen yang tepat
sehingga konsumen sasaran dapat memperoleh kepuasan. PT Direct Vision telah menetapkan segmentasi konsumen Astro berdasarkan 1) variabel demografis (usia dan jenis kelamin, pendapatan, keluarga), 2) variabel geografis (berusaha menjangkau seluruh wilayah di Indonesia), 3) variabel psikografis dan 4) variabel perilaku. Dalam memilih target pasar PT
Direct Vision menargetkan konsumennya berdasarkan segmentasi sosiodemografis
dan perilaku. Perusahaan juga berusaha menempatkan posisi produk dalam benak konsumen melalui brand positioning.
Guna mengetahui keberhasilan dan efektivitas strategi segmentasi, penentuan pasar sasaran (targeting) dan penentuan posisi (positioning) yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka penulis akan melihat dari data penjualan yang
ada dari Februari 2007 hingga Januari 2008.
Secara keseluruhan, data penjualan menunjukkan strategi segmentasi, penentuan pasar sasaran (targeting), dan penempatan posisi (positioning) yang telah ditetapkan oleh PT Direct Vision telah berhasil dan berjalan efektif sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Adanya peningkatan konsumen bahkan terjadi kenaikan yang sangat signifikan di pertengahan tahun 2007 menunjukkan
bagaimana masyarakat merespon positif kehadiran Astro. Namun, di balik semua keberhasilan yang telah dicapai, penulis menyarankan agar perusahaan terus memperhatikan aspek-aspek yang mendukung kemajuan dan perkembangan perusahaan, khususnya untuk membentuk brand image yang positif di masyarakat.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)