Jarak toko Indomaret dan Alfamart berdekatan, serta pangsa pasar yang sejenis, membuat persaingan antara kedua peritel ini semakin terlihat lebih ketat. Untuk itu, penulis ingin mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas jasa ritel Indomaret dan Alfamat, serta perbandingan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas jasa ritel Indomaret dan Alfamart. Metode penelitian yang dipakai dalam skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan hanya sekedar ingin mengetahui pendapat konsumen terhadap kualitas jasa ritel Indomaret dan Alfamart, serta perbandingan tingkat kepuasan konsumen pada kedua peritel ini. Penelitian dilakukan di wilayah Perumnas I Bekasi Barat, dimana pada wilayah ini terdapat Indomaret dan Alfamart yang jaraknya berdekatan. Jumlah responden adalah 100 orang yang terbagi dalam 50 responden Indomaret dan 50 responden Alfamart. Dari hasil penelitian yang diperoleh, terdapat beberapa atribut kualitas jasa ritel yang telah sesuai dengan harapan konsumen. Untuk Indomaret adalah tata letak barang-barang, mobilitas konsumen, perilaku karyawan yang dapat dipercayai, keamanan transaksi, kecepatan pelayanan, kesopanan karyawan, dan kemampuan menangani komplain. Sedangkan untuk Alfamart adalah mobilitas konsumen, keamanan bertransaksi, kecepatan pelayanan, kesopanan karyawan, serta jam operasi yang panjang. Namun ada juga beberapa atribut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. Secara keseluruhan, diindikasikan bahwa penilaian tingkat kepuasan konsumen Indomaret lebih baik dari pada penilaian tingkat kepuasan konsumen Alfamart. Kesimpulan yang diperoleh yaitu Indomaret dan Alfamart harus terus menempatkan kepuasan konsumen sebagai prioritas utama, karena masih terdapat beberapa atribut yang belum sesuai dengan harapan konsumen. Indomaret perlu memperhatikan dimensi Aspek Fisik dan dimensi Kebijakan. Sedangkan Alfamart perlu memperhatikan dimensi Reliabilitas, dimensi Interaksi Personal, dan dimensi Pemecahan Masalah. Secara keseluruhan, Alfamart harus lebih berusaha lagi meningkatkan kepuasan konsumennya, karena kepuasan konsumen Indomaret lebih tinggi dibandingkan tingkat kepuasan konsumen Alfamart. |