Dengan semakin meningkatnya persaingan, perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengkomunikasikan dan memasarkan produk mereka, tidak terkecuali dengan Ligna furniture. Untuk memunculkan minat dan keinginan terhadap produk serta menyajikan alasan persuasif yang mendukung merek merupakan peran penting iklan. Secara sederhana iklan dapat didefinisikan sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media. Melalui iklan, perusahaan dapat leluasa menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk mengkomunikasikan informasi mengenai produk mereka. Langkah pertama dalam proses penjualan adalah menyeleksi sekumpulan merek untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu kesadaran akan merek perlu diraih untuk selanjutnya dapat diseleksi dan dibandingkan dengan merek lainnya. Disinilah iklan berperan, iklan penting untuk memperkenalkan, meyakinkan dan membangkitkan kesadaran atas suatu merek dibenak konsumen. Melalui iklan diharapkan kesadaran merek Ligna furniture dapat diraih dan dipertahankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap Iklan yang dilakukan Ligna furniture dan apakah Iklan tersebut berpengaruh terhadap Kesadaran Mereknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian asosiatif untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai Iklan yang dilakukan oleh Ligna furniture terhadap Kesadaran Mereknya, dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, penelitian lapangan melalui wawancara terhadap bagian marketing Ligna furniture serta kuestioner yang telah terisi oleh 55 orang responden ibu-ibu yang dipilih secara acak disekitar tempat tinggal penulis yang berisi pertanyaan yang bersifat tertutup mengenai iklan dan kesadaran merek Ligna. Data yang terkumpul dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa Regresi linier Sederhana dengan menggunakan program SPSS 13.0. Hasil analisis menunjukkan nilai R sebesar 0,763. karena 0,763 berada pada interval 0,60 – 0,799 maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif dan kuat antara Iklan dan Kesadaran Merek. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Iklan terhadap Kesadaran Merek, maka digunakan nilai R2 ( R square ) sebagai koefisien determinasi. Hasil dalam output SPSS diperoleh nilai R2 sebesar 0,582 atau 58,2%, maka dapat dikatakan bahwa pengaruh Iklan terhadap Kesadaran Merek sebesar 58,2%, sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa responden memiliki respon yang baik dan positif terhadap iklan Ligna. Hal ini terlihat dengan kesadaran merek Ligna yang masih kuat dalam benak mereka. Dan berdasarkan penerapan Iklan tersebut terlihat bahwa iklan yang dilakukan oleh Ligna Furniture berpengaruh kuat, positif dan signifikan terhadap Kesadaran Merek. |