Anda belum login :: 27 Nov 2024 22:37 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Maskapai Yang Menerapkan Konsep Low Cost Carrier (Studi Kasus : Indonesia Airasia)
Bibliografi
Author:
BEBRINA, ANANDA
;
Sarinastiti, Nia
(Advisor)
Topik:
kepuasan pelanggan
;
kualitas jasa
Bahasa:
(ID )
Penerbit:
Program Studi Administrasi Bisnis - Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya
Tempat Terbit:
Jakarta
Tahun Terbit:
2008
Jenis:
Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ananda Bebrina's Undergraduate Theses.pdf
(332.33KB;
48 download
)
Ketersediaan
Perpustakaan Pusat (Semanggi)
Nomor Panggil:
FIAN-1397
Non-tandon:
tidak ada
Tandon:
1
Lihat Detail Induk
Abstract
Dalam usaha memenangkan persaingan di dunia bisnis penerbangan, perusahaan maskapai penerbangan harus jeli melihat kemauan
konsumen. Salah satu cara perusahaan yaitu berusaha untuk mengeluarkan strategi
serta inovasi dalam bidang marketing dan penjualan yang orientasinya untuk mendapatkan pangsa pasar yang semaksimal mungkin. Salah satu cara yang dapat mempengaruhi konsumen adalah memberikan pelayanan semaksimal mungkin
namun berbiaya rendah, dan yang di inginkan konsumen adalah kepuasan terhadap kualitas pelayanan. Maka tingkat kepuasan inilah yang menjadi tolak ukur perusahaan mempertahankan kualitas pelayanannya meskipun dengan menerapkan konsep biaya rendah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan Indonesia AirAsia yang menerapkan konsep low cost carrier yang dilihat dari 5 dimensi kualitas jasa yaitu keandalan (reliability),
empati (empathy), bukti langsung (tangibles), daya tanggap (responsiveness), dan jaminan assurance).
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode pengambilan sampel adalah non-probability sampling yaitu
teknik pengambilan sampling dimana anggota sampel tidak memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Teknik sampling yang diambil adalah sampling purposive yang teknik pengambilan sampelnya berdasarkan pertimbangan
tertentu. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner dan bentuk kuesioner yang digunakan penulis berstruktur dengan pertanyaan tertutup (close ended), yaitu pertanyaan yang dibuat sedemikian rupa sehingga responden dibatasi untuk memilih salah satu jawaban saja. Jumlah responden yang diperoleh adalah sebanyak 98
orang responden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi dan nilai rata-rata hitung (mean) untuk menentukan rata-rata kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan melalui penelitian ini dapat dikatakan pihak Indonesia AirAsia sudah memberikan pelayanan yang berkualitas, hal ini terbukti karena sebagian
besar responden menunjukkan tingkat kepuasan yang diharapkan.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Lihat Sejarah Pengadaan
Konversi Metadata
Kembali
Process time: 0.171875 second(s)