Kafe mengalami perkembangan yang pesat di Jakarta. Gaya hidup masyarakat Jakarta sedikit banyak mengadopsi gaya hidup masyarakat di negara-negara Barat. Kondisi ini dilihat sebagai peluang oleh para pengusaha. Kondisi tersebut tentunya juga menghadirkan persaingan usaha di antara kafe-kafe yang ada. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah Coffee Bros atau Brew n Co. yang lebih disukai oleh konsumen. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang dimaksud diberikan kepada 100 orang mahasiswa Unika Atma Jaya, Jakarta yang merupakan konsumen Coffee Bros dan Brew n Co. dengan cara convenience sampling. Untuk mendapatkan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti digunakan perangkat analisis tabel distribusi frekuensi, mean score, dan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat cukup bukti untuk menyatakan tidak terdapat perbedaan preferensi tonsumen terhadap Coffee Bros dan Brew n Co. oleh konsumen yang ada di lingkungan Unika Atma Jaya, Jakarta. |