PT Ramantha Tours and Travel merupakan perusahaan biro perjalanan wisata yang cukup dikenal. Untuk mengetahui seberapa jauh PT Ramantha Tours and Travel telah memberikan layanan yang memuaskan konsumennya, maka penulis melakukan penelitan terhadap sejumlah responden yang merupakan pelanggan Ramantha berkaitan dengan berbagai layanan jasa dari PT Ramantha Tours and Travel. Untuk mendapatkan data dilakukan riset kepustakaan, wawancara langsung dengan pihak perusahaan, serta menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang berisi 18 pertanyaan di PT Ramantha Tours and Travel. Data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kemudian di analisis dengan membandingkan tingkat kepentingan dan kinerja yang mencerminkan lima dimensi SERVQUAL yaitu tampilan fisik (tangible), keandalan (reliability), daya tanggap responsiveness), keyakinan (assurance), dan empati (empathy). Dari semua data yang telah diberikan oleh responden dan kemudian diolah, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa secara keseluruhan tingkat kinerja PT Ramantha Tours and Travel dianggap memuaskan oleh para konsumennya. |