Dewasa ini, keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk lebih dipengaruhi oleh merek (brand) produk tersebut. Oleh karena itu, peranan brand image sangat berarti untuk mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian atas suatu produk. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh brand image maskapai penerbangan Garuda Indonesia terhadap loyalitas konsumen. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada responden di Perumahan Graha Permai, Ciputat, Tangerang, dari tanggal 21-31 Mei 2007, dengan metode convenience sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi sederhana dan perhitungan mean score. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh brand image maskapai penerbangan Garuda Indonesia terhadap loyalitas konsumen. Atribut-atribut utama brand image yang ada di benak konsumen/responden adalah pelayanan yang baik dan fasilitas yang baik. Atribut-atribut utama loyalitas konsumen/responden maskapai penerbangan Garuda Indonesia adalah merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia; dan setiap kali memerlukan jasa penerbangan, yang ada di pikiran kosumen/responden hanya penerbangan Garuda Indonesia. |