Salon menjadi salah satu alternatif untuk perawatan kecantikan dan relaksasi yang sesuai dengan gaya hidup manusia modern yang serba cepat dan praktis. Didalam bisnis jasa salon, kualitas pelayanan yang baik merupakan tujuan yang dicari oleh pelanggan. Apabila kualitas pelayanan yang diberikan oleh salon tersebut benar–benar sesuai dengan harapan, tentu pelanggan akan merasa sangat puas dan cenderung setia (loyal) pada salon tersebut, serta akan menyampaikan hal–hal baik tentang salon tersebut kepada calon pelanggan lainnya. Adapun metode analisis data yang digunakan: (a) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, dilihat berdasarkan pada lima faktor kualitas pelayanan jasa yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Kepastian, Empati dan Wujud menggunakan metode nilai rata-rata keseluruhan (OMS) dan (b) untuk meneliti pengaruh antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen digunakan metode Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang pengguna jasa salon Mousche, diketahui bahwa: (a) berdasarkan skala interval yang telah ditetapkan, salon Mousche memiliki service quality yang memuaskan di mata para konsumen yaitu sebesar 4,03 dan (b) diketahui juga terdapat pengaruh yang kuat dan positif sebesar 93,9% dan signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen salon Mousche. |