Industri otomotif khususnya mobil, merupakan industri yang kompetitif. Setiap merek mobil mencoba menawarkan berbagai keunggulannya masingmasing. Mengelola ekuitas merek (brand equity) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan atribut keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ekuitas merek dari merek mobil Honda, untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen pengguna mobil Honda, dan untuk mengetahui hubungan antara ekuitas merek dari merek mobil Honda dengan loyalitas konsumennya. Ekuitas merek menggunakan lima indikator yaitu: kesadaran merek, penampilan merek, pencitraan merek, pertimbangan konsumen, dan perasaan konsumen. Loyalitas konsumen menggunakan dua indikator yaitu: keterikatan terhadap merek dan tingkat pembelian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2007. Responden dari penelitian ini adalah para pemilik mobil Honda yang berada pada dealer Honda, cabang Kalimalang, Jakarta Timur. Penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada dengan menggunkan teknik judgemental sampling. Kuesioner yang diajukan berisikan 36 pertanyaan, dengan indikator-indikator yang telah dijelaskan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara ekuitas merek mobil Honda dengan loyalitas konsumennya sebesar 0,430. Hubungan diantara keduanya termasuk dalam kategori sedang. |