Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap produk kartu prabayar XL Bebas dengan membandingkan penilaian kinerja perusahaan terhadap kepentingannya. Data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner. Sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Judgemental Sampling yang berlangsung dari tanggal 28 Juni sampai dengan 5 Juli 2007, berlokasi di Universitas Atma Jaya, Jakarta. Uji yang digunakan adalah uji validitas dan uji realibilitas. Menganalisis karakteristik responden(deskriptif), tingkat kesesuaian antara kinerja dengan kepentingan, serta menggunakan diagram kartesius. Variabel-variabel yang digunakan antara lain kelancaran berkomunikasi, tarif, luas jaringan, variasi nominal isi ulang, kekuatan sinyal, kejernihan suara, daya tahan simcard, customer service, kemudahan memperoleh produk, kesesuaian tariff dan kualitas. Variabel-variabel yang dinilai sangat penting oleh konsumen sedangkan pelaksanaannya masih belum memenuhi keinginan konsumen adalah kelancaran berkomunikasi, luas jaringan, kekuatan sinyal, kesesuaian tarif dan kualitas. Variabel yang perlu dipertahankan pelaksanaannya adalah tarif yang ditawarkan. Perusahaan disarankan melakukan peningkatan kualitas pada variabel-variabel yang tingkat kesesuaiannya dinilai rendah dan mempertahankan kinerja yang dinilai telah dilaksana an dengan baik saat ini. |