Setiap perusahaan selalu memiliki kegiatan pemasaran yang berguna untuk mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Seperti layaknya perusahaan-perusahaan lain, PT Bakrie Telecom, Tbk juga menggunakan periklanan di televisi sebagai salah satu alat promosinya. Penulis tertarik untuk melihat bagaimana efektivitas iklan yang dilakukan oleh Esia tersebut di media televisi dengan menggunakan konsep AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action). Penelitian dilakukan di Unika Atma Jaya Jakarta dan penulis memilih mahasiswa/i Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya Jakarta sebagai responden sebanyak 100 orang dengan metode non-probability sampling dan convenience sampling. Penulis menggunakan perhitungan Overall Mean Score (OMS) untuk mengetahui nilai masing-masing variabel AIDA dan memasukkannya kedalam rentang skala tingkat efektivitas. Setelah itu, penulis kembali melakukan perhitungan Overall Mean Score (OMS) Total, yaitu perhitungan secara keseluruhan tingkat efektivitas iklan Esia. Nilai OMS Total yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebesar 3.23. Nilai ini masuk ke dalam rentang skala “cukup efektif”. Dengan demikian, iklan Esia di media televisi secara keseluruhan cukup efektif. Penulis menambahkan beberapa saran bagi Esia yang dapat meningkatkan lagi efektivitas iklan Esia, misalnya dengan mengumumkan pemberian bonus-bonus melalui iklan dan membuat konsep iklan yang lebih unik lagi sehingga calon konsumen tertarik untuk melihat iklan tersebut. |