Dewasa ini, rumah sakit dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dalam mencapai hal tersebut, Rumah Sakit Abdi Waluyo perlu mengetahui terlebih dahulu sejauh mana tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan yang telah diberikan sebagai dasar dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk itu, penulis terdorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Abdi Waluyo (Sebuah Studi Kasus Terhadap Pasien Rawat Inap Kelas II)”. Peneliti memberikan kuesioner kepada 50 pasien rawat inap kelas II Rumah Sakit Abdi Waluyo, pada tanggal 24 April 2007 sampai dengan 23 Juni 2007 dengan metode Judgemental Sampling. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan Rumah Sakit Abdi Waluyo digunakan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 atribut kualitas pelayanan yang belum memuaskan pasien sehingga perlu ditingkatkan, yaitu kurang cepatnya penanganan pasien pada saat pertama kali pasien datang, kunjungan dokter yang belum dijalankan dengan tepat sesuai jadwal, kesulitan pasien dalam menemui dokter, dokter dinilai masih kurang sopan dan ramah dalam memberikan pelayanan, ruang rawat inap yang dirasakan masih kurang nyaman serta wc dan kamar mandi ruang rawat inap yang kurang bersih. |