Dalam memasarkan suatu produk atau jasa, pemasar harus berusaha agar suatu merek dari produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dapat bersaing untuk merebut perhatian konsumen dan menempati benak konsumen. Untuk itu, peranan brand image sangat penting untuk membedakannya dari pesaing. Tentunya, apabila brand image baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumen pada suatu produk. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen pada Toko Buku Gramedia. Penelitian ini menggunakan teknik pemilihan sampel convenience sampling, dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 responden yaitu konsumen dari Toko Buku Gramedia Plaza Semanggi. Data yang terkumpul diuji reliabilitasnya dan dianalisis dengan menggunakan OMS dan regresi linier untuk mengetahui adanya pengaruh yang bermakna antara brand image dengan loyalitas konsumen. Perhitungan ini dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 11.5. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap Toko Buku Gramedia, didapat hasil Toko Buku Gramedia memiliki brand image yang baik di mata respondennya dengan brand image yang paling kuat adalah Toko Buku Gramedia memiliki variasi produk yang sesuai dengan semua umur di antara 18 pertanyaan yang diujikan. Berdasarkan uji regresi linear terdapat pengaruh positif yang signifikan sebesar 43.4% antara brand image terhadap loyalitas konsumen pada Toko Buku Gramedia. |