Kesehatan masyarakat adalah faktor penting bagi siapapun di muka bumi ini juga bagi unit terkecit di dalam masyarakat, yaitu keluarga. Dalam memenangkan persaingan, perusahaan perlu menyusun strategi pemasaran. Di dalam strategi pemasaran tercakup juga unsur strategi merek. Untuk itu suatu merek harus memiiiki suatu citra sehingga konsumen mempunyai kesan tertentu terhadap merek tersebut yang akan tertanam di dalam benaknya. Pada saat ini terdapat banyak perusahaan yang berorientasi pada masalah kesehatan keluarga baik perusahaan tradisional maupun modern serta menawarkan produk alat kontrasepsi yang beraneka ragam dan memberikan manfaat kepada konsumen. Setelah melihat hal-hal tersebut di atas, maka penulis ingin melakukan penelitian mengenal citra merek produk kontrasepsi PT USAHATAMA SENTOSA MAS. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner pada tanggal 20 November 2006 sampal dengan 30 November 2006 kepada konsumen PUSKESMAS Kramat Jati Jakarta Timur dengan teknik judgemental sampling. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Dan hasH penelitian diperoleh data bahwa sebanyak 24% responden menjawab merek Planotab sebagai merek top of mind produk kontrasepsi, asosiasi merek produk kontrasepsi merek Planotab, Cyclogeston, Depogeston, atau Deponeo yaitu produk kontrasepsi yang variatif, penampilan produk prima, mutu produk terjamin, informasi produk lengkap, dan harga produk yang wajar. Pelanggan menilal balk keseluruhan kualitas yang dimiliki oleh Planotab, Cyclogeston, Depogeston, atau Deponeo yaitu kebebasan konsumen memilih bentuk sediaan produk, tingkat kegagalan produk sangat rendah, ketersediaan produk di apotik dan puskesmas yang merata, pelayanan yang diberikan bidan atau dokter serta kemasan produk yang menarik dan mudah dibawa. Maka secara keseluruhan, penelitian ml memberikan gambaran bahwa merek Planotab, Cyclogeston, Depogeston, atau Deponeo sebagai merek produk kontrasepsi sudah cukup berhasil merebut perhatian konsumen dengan citra merek yang baik. |