Ibukota Jakarta mempunyai berbagai macam persoalan, salah satunya adalah kemacetan yang terjadi di mana-mana, bahkan pada SPBU pun mengalami kemacetan sehingga menyebabkan terjadinya antrian pada SPBU tersebut. Kemacetan yang terjadi di SPBU inilah yang akan dijadikan topik oleh penulis dalam penulisan skripsi dan berusaha untuk mencari pemecahan masalah antrian terjadi di SPBU pertamina di Jalan Ciledug Raya dengan kode (34-15120). Pada SPBU yang terdapat tiga server mi penulis melakukan penelitian untuk mengambil data waktu tiap kendaraan mulai dan memasuki area SPBUJ mengantri, melakukan pengisian bahan bakar sampai dengan meninggalkan area SPBU di Ciledug Raya. Dan data yang telah terkumpul, penuis kemudian menghitung jumlab unit kendaraan yang datang (A) dan lamanya pelanggan dilayani pada saat mengisi bahan bakar (p). Setelah itu penulis akan mernasukkan data tersebut dengan menggunakan program, WinQSB untuk mendapatkan perhitungan antrian. Penulis mendapatkan bahwa tingkat pelayanan dengdn hanya menggunakan tiga server menyebabkan waktu rata-rata yang digunakan konsumen di dalam system antrian (W) adalah 0,1312 jam atau sekitar 7,872 menit, berarti waktu tunggu konsumen dalam antrian cukup lama sehingga dapat membuat konsumen merasa jemu mengantri. Tetapi setelah server yang berjumlah tiga buah ditambah menjadi lima server, dan hasil perhitungan dengan menggunakan W1nQSB, maka waktu rata-rata yang diqtinakan konstirnon di dalani system anfrian(t4/) adalah 00201 jam atau sekitar 1,2 menit sehingga dapat membuat pelayanan yang diberikan kepada konsurnen dapat meningkat karena konstimen tidak harus merasa jemu dalam mengantri. |