Anda belum login :: 27 Nov 2024 17:18 WIB
Detail
BukuPenerapan Pemrograman Genetika Dalam Permainan Catur Akhir King-Rook-King (KRK)
Bibliografi
Author: ISKANDAR, AGUS ; Lukas (Advisor)
Topik: Catur; King; Rook; King; Pemrograman Genetika; Artificial Intelligence.
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext:
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FTE-1761
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Permainan catur merupakan salah satu bidang yang sering dijadikan sebagai
bahan penelitian mengenai Artificial Intelligence (AI) karena memiliki daerah
pencarian yang sangat luas untuk setiap langkahnya. Tugas Akhir ini menerapkan
algoritma Pemrograman Genetika (PG) pada fase permainan catur akhir white King,
white Rook, black King (KRK) atau bidak raja putih, benteng putih dan raja hitam,
untuk mengkombinasikan kumpulan strategi dasar yang umumnya dilakukan oleh
seorang pecatur. Pada Tugas Akhir ini dilakukan pengujian untuk melihat pengaruh
perubahan parameter-parameter PG terhadap nilai fitness rata-rata individu dan
fitness individu terbaik serta lama waktu pemrosesan yang dilakukan PG. Terdapat
enam buah parameter yang masing-masing diujikan sebanyak delapan kali, antara
lain jumlah individu dalam populasi, jumlah generasi, probabilitas pindah silang dan
mutasi, jumlah depth, serta faktor pengali ? dan ?. Dari hasil pengujian didapatkan
kesimpulan bahwa perubahan keenam parameter tersebut mempengaruhi nilai fitness
rata-rata dan fitness terbaik, sedangkan yang mempengaruhi lama waktu pemrosesan
hanya perubahan parameter seperti jumlah individu dalam populasi, jumlah generasi
dan jumlah depth. Program AI yang dibuat berdasarkan PG belum selalu handal
ketika dimainkan melawan program AI yang menerapkan algoritma minimax ataupun
melawan manusia, karena dari 48 kali pengujian, 43 pengujian berakhir dengan seri
dan hanya lima pengujian yang berhasil memenangkan permainan dengan mengunci
bidak raja hitam. Tetapi umumnya strategi yang dihasilkan berdasarkan PG relatif
dapat dimengerti oleh manusia sehingga memungkinkan untuk diterapkan dalam
permainan catur yang sebenarnya.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.1875 second(s)