Mengingat tingkat polusi dan debu saat mi, maka sabun pembersih muka merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masingmasing orang. Kebutuhan dan minat masyarakat akan sabun pembersih muka memyebabkan semakin tingginya persaingan di industri pembersih wajah. Salah satu produk toiletries PT Unilever Indonesia Tbk adalah sabun pembersih muka POND’S. Sabun pembersih muka mi mengalami persaingan dengan merek Iainnya. Persaingan yang cukup ketat mi membuat Unilever harus menyusun strategi pemasarannya dengan tepat. Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan adalah melakukan kajian terhadap asosiasi-asosiasi yang dapat dihubungkan dengan produk mereka (brand association). Berbagai asosiasi yang diingat konsumen dapat dirangkai sehingga membentuk citra merek (brand image) di dalam benak konsumen. Sehubungan dengan hat tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan topik “Analisis Brand Association Produk Sabun Pembersih Muka POND’S (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta)”. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan 150 kuesioner kepada mahasiswa/i Atma Jaya yang pernah menggunakan sabun pembersih muka POND’S. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, yaitu dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan nilai rata-rata (mean). Adapun atribut yang dmanalisis adalah atribut produk, atribut tak berwujud, manfaat bagi pelanggan, ikian, dan kredibilitas perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan asosiasi merek sabun pembersih muka POND’S adalah sabun pembersih muka POND’S dikemas dalam beberapa ukuran sehingga praktis untuk dibawa kemana-mana, aroma sabun pembersih muka POND’S khas, mudah diperoleh di mana-mana dengan demikian membantu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk memperolehnya, model ikian cantik-cantik, dan diproduksi oleh perusahaan yang mempunyai reputasi baik. |