Dewasa ini, keputusan konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi suatu produk lebih dipengaruhi oleh merek (brand) produk tersebut. Oleh karena itu, peranan brand image, atau citra merek, sangat penting dalam proses pengambilan keputusan pembelian konsumen. Sehubungan dengan hal ini, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh brand image kopi instant Nescafé terhadap loyalitas konsumen. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan 100 kuesioner kepada responden di PTB Duren Sawit, Jakarta Timur, dari tanggal 4-12 Agustus 2007, dengan metode convenience sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis regresi sederhana dan perhitungan mean score, dan juga perhitungan overall mean score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image produk kopi instan Nescafé adalah positif dan atribut utama dari brand image yang ada di benak konsumen adalah kopi instan Nescafé mudah untuk didapatkan. Dari penelitian juga diketahui bahwa tingkat loyalitas konsumen kopi instan Nescafé biasa saja, dan ada pengaruh dari brand image kopi instan Nescafé di terhadap loyalitas konsumen. |