PT Kangsen Kenko Indonesia merupakan perusahaan pemasaran jaringan yang saat ini sedang berkembang dengan pesat di Jakarta. Biasanya di dalam perusahaan pemasaran jaringan, di dalamnya pasti ada suatu organisasi yang menamakan dirinya Support System. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pelaksanaan relationship marketing terhadap customer capital pada PT. Kangsen Kenko Indonesia. Relationship Marketing (RM) adalah pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan, dan Customer Capital adalah sebuah nilai dalam pemasukan pendapatan untuk masa yang sekarang dan yang akan datang yang dihasilkan dari hubungan organisasinya dengan para konsumennya. Jenis penelitian yang digunakan adalah gabungan antara riset kausal dan deskriptif. Riset deskriptif digunakan untuk menggambarkan fenomena pemasaran yang terjadi pada konsumen sedangkan riset kausal digunakan untuk melihat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa relationship marketing pada PT Kangsen Kenko mempengaruhi terjadinya customer capital. PT Kangsen Kenko memberikan peluang bisnis yang menarik sehingga para distributornya setia untuk tetap menjadi member dan terus mencari anggota baru. |