Rebranding akan sangat berpengaruh pada identitas merek yang telah tercipta oleh setiap usaha bisnis. Perubahan persepsi inipun terjadi pada Supermall Karawaci yang sedang melakukan strategi rebranding sebagai usaha pembentukan image atau persepsi positif yang baru. Strategi rebranding yang dilakukan Supermall Karawaci mencakup perubahan terhadap logo, tampilan mal baik eksterior serta interior, dan juga perubahan terhadap konsep yang diangkat oleh mal mereka, yang semula tidak terlalu menyediakan fasilitas yang berhubungan dengan gaya hidup pengunjung, kini mulai memperluas sasarannya. Hal ini dikarenakan Supermall Karawaci berdiri di daerah yang sangat strategis. Yang letaknya dikelilingi oleh beberapa perumahan, gedung perkantoran, sekolah, dan juga universitas yang bergengsi. Penelitian ini membahas mengenai seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan setelah dilakukannya rebranding terhadap brand equity dari Supermall Karawaci. Penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada 100 orang responden , yang berdomisili di daerah Perumahan Palem Semi Tangerang. Kemudian kuesiner ini diolah dengan menggunakan skala likert dan dianalisis menggunakan analisis faktor dan juga analisis General Linear Model (GLM). Berdasarkan hasil penelitian, ternyata variabel rebranding berpengaruh positif terhadap peningkatan brand equity dari Supermall Karawaci. Strategi rebranding yang dilakukan dirasakan pengunjung dapat memberikan suatu dampak positif bagi mereka ketika berkunjung ke mal ini, dan membuat mereka semakin dapat melakukan berbagai hal di dalam mal ini. Hal ini terbukti pula dapat membuat Supermall Karawaci selalu mereka ingat dan dapat mempertahankan diferensiasinya diantara mal lain yang ada di sekitar daerah Tangerang. |