Sebagai salah satu lembaga keuangan, bank memiliki peranan penting dalam perekonomian, baik kegiatan transaksi ekonomi perusahaan maupun individu. Bank Bukopin merupakan salah satu bank swasta yang berhasil keluar dari rekapitalisasi perbankan dan dinyatakan sebagai bank yang sehat, juga memiliki tujuan untuk melayani nasabah dengan sebaik-baiknya. Hal terpenting dalam bisnis jasa adalah berusaha mencapai customer satisfaction dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas. Adapun tujuan dari penelitian adalah mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan konsumen dan mencari tahu atribut-atribut apa saja yang dianggap penting oleh konsumen. Dari hasil penelitian dengan metode analisis deskriptif menunjukkan bahwa, sebaiknya Bank Bukopin lebih meningkatkan kualitas pelayanannya dengan melakukan pendekatan pada unsur-unsur jasa yang terletak pada prioritas utama. Hal ini perlu dilakukan karena terbukti bahwa faktor-faktor kinerja yang diberikan oleh Bank Bukopin kepada nasabah dinilai penting sehingga harus dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan. |