Usaha perhotelan sebagai salah satu industri pariwisata juga tidak terlepas dari problem tantangan dalam menghadapi persaingan yang ketat. Untuk memuaskan konsumennya, pengelola hotel harus mengembangkan strategi komunikasi yang tepat dan efektif, salah satunya dengan memberikan perhatian pada strategi komunikasi yang dilakukan oleh Public Relations. Kegiatan komunikasi Public Relations menjadi penting sebagai jembatan antara hotel dengan konsumennya. Public Relations harus mampu melakukan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan komunikasi yang saling menguntungkan dengan konsumennya. Kebutuhan dan keinginan konsumen hotel perlu diperhatikan karena bila terpuaskan kebutuhan dan keinginannya akan kualitas jasa atau pelayanan, mereka akan memberikan perhatian penuh dan mempunyai minat yang besar, yang tentunya akan memunculkan loyalitas konsumen. Hal tersebut akan menjadi umpan balik bagi praktisi Public Relations untuk mengetahui keberhasilan strategi komunikasi yang diterapkannya untuk mempertahankan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat bagaimana penerapan strategi komunikasi Public Relations pada Hotel Kartika Chandra yang dilihat berdasarkan aktivitas Public Relations perusahaan dalam mempertahankan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif agar penelitian dapat menggambarkan dengan jelas mengenai implementasi strategi Public Relations dan juga mengetahui kepuasan konsumen berdasarkan kualitas jasa yang dilakukan pihak hotel melalui wawancara. Data yang diperoleh dikelompokkan, dilakukan identifikasi dan dianalisa dengan menggunakan metode analisis SWOT, yaitu menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang bertujuan untuk menyusun strategi-strategi dalam menghadapi pesaing. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa implementasi strategi Public Relations dilakukan meldigunakan. Terdapat implementasi strategi komunikasi Public Relations hotel yang masih kurang dan perlu ditingkatkan, seperti memperbaiki iklan hotel yang kurang menarik perhatian masyarakat, menyelenggarakan event-event yang lebih bervariasi dan lebih menarik dari yang sebelumnya, dan menambahkan paket-paket promosi seperti “weekend package” untuk menarik konsumen. Kepuasan konsumen terhadap kualitas jasa (reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles) secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan memuaskan, seperti fasilitas-fasilitas yang ada pada hotel dan kemampuan karyawan hotel dalam memberikan pelayanan kepada konsumen mealui tahap-tahap yang sesuai dengan teori yang digunakan. Terdapat implementasi strategi komunikasi Public Relations hotel yang masih kurang dan perlu ditingkatkan, seperti memperbaiki iklan hotel yang kurang menarik perhatian masyarakat, menyelenggarakan event-event yang lebih bervariasi dan lebih menarik dari yang sebelumnya, dan menambahkan paket-paket promosi seperti “weekend package” untuk menarik konsumen. Kepuasan konsumen terhadap kualitas jasa (reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles) secara keseluruhan dapat dikatakan baik dan memuaskan, seperti fasilitas-fasilitas yang ada pada hotel dan kemampuan karyawan hotel dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. |