Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi Ibu – Ibu Rumah Tangga perumahan Bank Of Tokyo terhadap kecap cap Bango atau kecap ABC. Dalam mengumpulkan data penulis menyebarkan 100 kuesioner dengan menggunakan metode Convenience Sampling kepada Ibu – Ibu Rumah Tangga perumahan Bank Of Tokyo pada bulan Maret 2007 sampai dengan bulan April 2007. Untuk menganalisis data, dipergunakan perhitungan MS (Mean Score), OMS (Overall Mean Score), dan diuji peringkat bertanda Wilcoxon (sampel besar) . Adapun berbagai atribut- atribut yang dianalisis ialah rasa produk, tingkat kadaluwarsa, aroma, mutu, kemasan, harga,kemudahan mendapatkan produk, variasi ukuran, promosi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, analisis preferensi terhadap kedua merek produk kecap tersebut maka didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa: responden lebih memilih produk kecap ABC daripada kecap cap Bango. Atribut- atribut yang menjadi pertimbangan responden dalam memilih kecap ABC adalah waktu kadaluwarsa, mutu, kemasan, kemudahan mendapatkannya, promosi, dan variasi ukuran. Sedangkan atribut- atribut yang menjadi pertimbangan responden dalam memilih produk kecap cap Bango adalah rasa, aroma, harga. |