Notebook atau sering kali disebut juga dengan laptop merupakan perangkat elektronik yang tidak dapat dipungkiri lagi tingkat kegunaan dan kepentingannya. Berbagai produsen notebook berlomba-lomba menciptakan suatu produk yang menarik, canggih, dan tentunya dengan harga yang terjangkau untuk dapat menarik minat para konsumen. Toshiba pun selaku pionir notebook di Indonesia berupaya untuk mempertahankan dan bahkan memperluas pangsa pasar mereka. Maka dari itu, penulis merasa perlu melakukan penelitian untuk mengetahui ekuitas merek notebook Toshiba. Ada 4 variabel utama didalam ekuitas merek,yaitu: brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty. Untuk mengukur ke 4 variabel tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan persentase untuk brand awareness dan brand loyalty, dan overall mean score untuk brand association dan perceived quality yang kemudian dipetakan kedalam skala likert. Hasil yang diperoleh dari skripsi ini menyatakan bahwa semua responden mengenal merek notebook Toshiba. Ada sebanyak 6 asosiasi merek yang melekat pada merek notebook Toshiba. Dari segi perceived quality, notebook Toshiba sudah mampu memberikan kepuasan bagi para konsumennya. Dan dari segi brand loyalty, notebook Toshiba sudah mampu mencapai konsumen pada tingkat commited buyer. |