Anda belum login :: 27 Nov 2024 07:05 WIB
Detail
ArtikelPenggunaan Model Regresi Tobit Untuk Menganalisa Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Untuk Jasa Pengangkutan Barang  
Oleh: Suhardi, Imelda Yuliana ; Llewelyn, Richard V.
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan vol. 3 no. 2 (Sep. 2001), page 106 - 112.
Topik: ordinary least squares (OLS); Tobit; variable tidak bebas terbatas; ordinary least squares (OLS); Tobit; censured dependen variable
Fulltext: MAN01030203.pdf (28.31KB)
Isi artikelPenelitian ini membandingkan hasil regresi OLS dan Tobit untuk menganalisa pengaruh dari variabel umur, tingkat pendidikan, serta jenis barang terhadap kepuasan konsumen untuk jasa pengangkutan barang di perusahaan PT Antar Nusa yang mengangkut barang antara Surabaya dan pulau Sumbawa dengan kapal laut. Jika metode OLS digunakan dengan data yang terbatas, yaitu jika nilai dari variabel tidak bebas (kepuasan pelanggan) dibatasi, maka hasil regresi akan menjadi bias dan tidak konsisten. Oleh karena itu, metode Tobit dapat digunakan supaya hasil menjadi lebih baik dan berguna. Berdasarkan hasil OLS dalam analisa ini, tidak ada variabel yang berpengaruh secara signfikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini membuktikan kelemahan metode OLS untuk data yang terbatas. Menurut hasil dari metode Tobit, ada dua variabel yang signifikan, yaitu umur dan jenis barang. Umur berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sedangkan untuk jenis barang, pelanggan yang mengirim barang usaha atau barang dagangan ternyata kurang puas dibandingkan orang yang mengirim barang pribadi. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh. Berdasarkan hasil tersebut disarankan kepada para peneliti, bahwa jika data untuk variabel tidak bebas menjadi terbatas, sebaiknya metode Tobit digunakan supaya hasil menjadi benar, konsisten dan tidak bias.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)