Audit manajemen atas fungsi customer service pada Clark Hatch Gym Cabang Sudirman dilaksanakan untuk menilai apakah pelaksanaan fungsi layanan atau customer service pada Clark Hatch Gym Cabang Sudirman sudah efektif dan efisien. Untuk menilai pelaksanaan fungsi layanan tersebut maka penulis membuat kerangka audit manajemen, yaitu (1).menilai penentuan tujuan/sasaran (2).mengkaji proses perencanaan (3).mengevaluasi proses organisasi (4). menganalisis proses pengendalian. Untuk menguji hasil yang telah dicapai dalam kegiatan fungsi layanan maka penulis melakukan tiga cara yaitu, dengan menyebarkan kuesioner kepada 60 anggota Clark Hatch Gym Cabang Sudirman, melakukan pengamatan mistery shopping dan comparison shopping pada tempat fitness pesaing yaitu tempat fitness Fit by Beat cabang Setia Budi dan Celebrity fitness cabang Permata Hijau. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi layanan pada Clark Hatch Gym Cabang Sudirman sudah cukup efektif dan efisien. Clark Hatch Gym Cabang Sudirman sudah memiliki tujuan dan sasaran untuk fungsi layanannya, juga memiliki perencanaan, organisasi, dan pengendalian yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengidentifikasi beberapa masalah dan memberikan saran yang dapat digunakan sebagai masukan dalam memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada yaitu, (1) Sebaiknya Clark Hatch Gym Cabang Sudirman membuat unit kerja khusus yang bertangggung jawab atas kualitas kegiatan customer servicenya. (2).Dalam menyusun standar layanan, hendaknya dapat digunakan lima aspek dimensi kualitas pelayanan. (3). Clark Hatch Gym Cabang Sudirman harus selalu memperbaharui alat-alat fitnessnya sesuai dengan perkembangan teknologi. (4). Pihak manajemen Clark Hatch Gym Cabang Sudirman perlu lebih aktif untuk memantau atau mencari informasi secara langsung tentang kualitas layanan dari tempat fitness pesaing, ini dapat dilakukan dengan melakukan comparison shopping. |