Anda belum login :: 24 Nov 2024 08:52 WIB
Detail
ArtikelPemodelan Simulasi Berbasis Fuzzy Controller Terhadap Perilaku Yaw Rate dengan Pengendalian Sudut Steer Roda Belakang (4WS)  
Oleh: Subagia, I.D.G. Ary ; Berata, Wajan
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Teknik Mesin vol. 6 no. 2 (Oct. 2004), page 49-56.
Topik: stabilitas kendaraan; sudut belok roda depan; sudut belok roda belakang; fuzzy logic; yawing; vehicle stability; sront wheel angle; rear wheel angle
Fulltext: Wajan Berata.pdf (217.12KB)
Isi artikelSistem kemudi 4WS (Four Wheel Steering System) adalah pengembangan dari sistem chassis dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pengendalian dan peningkatan keamanan, kenyamanan, dan stabilitas kendaraan dengan meningkatnya kecepatan kendaran. Yaw-rate yang timbul pada saat kendaraan bergerak karena perilaku dari karakteristik ban memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hilangnya kualitas pengendalian dan kestabilan kendaraan. Sebagai upaya pengendalian dari perilaku yang terjadi pada kendaraan akibat yaw-rate pada sistem chassis diberikan pengendalian berupa gerakan roda belakang yang mampu bergerak belok berlawanan ataupun searah dengan gerak belok roda depan dengan mempergunakan metode pengendalian sudut side-slip dan menerapkan actuator penggerak motor DC sehingga kendali sudut yaw yang terjadi dapat selalu dikontrol agar mendekati yaw-rate netral dari kendaraan. Aplikasi metode tersebut dilakukan dengan pemodelan simulasi mempergunakan fuzzy controller dari Mat-Lab 6.5. Sebagai hasil dari pemodelan simulasi didapatkan bahwa dengan memberikan sudut belok pada roda belakang memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam mengendalikan perilaku yaw-rate yang terjadi sehingga diperoleh kestabilan kendaraan yang baik.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)