Anda belum login :: 27 Nov 2024 13:02 WIB
Home
|
Logon
Hidden
»
Administration
»
Collection Detail
Detail
Optimasi Kecepatan Sudut Keluaran Kopeling Universal pada Poros Seri
Oleh:
Fajar, Muhammad
Jenis:
Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi:
Jurnal Teknik Mesin vol. 9 no. 1 (Apr. 2007)
,
page 40-46.
Topik:
Optimasi
;
kopeling universal
;
kecepatan sudut
;
poros seri
;
kemudi
;
pemrograman tak linier
;
Optimisation
;
universal joint
;
angular velocity
;
shaft series
;
steering
;
non-linear programming
Fulltext:
Muhammad Fajar.pdf
(202.41KB)
Isi artikel
Pada umumnya mekanisme batang penghubung sistem kemudi menggunakan tipe sambungan kopeling universal yang memiliki karakteristik khas yaitu menghasilkan kecepatan sudut keluaran yang fluktuatif. Sebagai akibatnya, hal ini akan mempengaruhi tingkat kemampuan pengontrolan gerakan kendaraan. Kondisi ideal pengontrolan dapat dicapai jika kecepatan sudut masukan dari roda kemudi sama dengan kecepatan sudut poros keluaran yang terhubung ke kotak kemudi servo (power steering). Pada kondisi ini, pengontrolan gerakan kendaraan oleh pengemudi menjadi lebih mudah (fully handle). Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dilakukan optimasi kecepatan sudut keluaran sebuah poros seri yang terhubung dengan kopeling universal atau juga dikenal dengan kopeling Hook. Sistem seperti ini umumnya diterapkan pada sistem penghubung kemudi kendaraan-kendaran besar atau truk. Optimasi dilakukan melalui pembuatan paket perangkat lunak Shaft Series Optimisation (SSO) berbasis Optimisation Toolbox dari MATLAB. Berdasarkan hasil perhitungan melalui paket SSO diperoleh hasil bahwa untuk tiga buah sambungan dengan empat buah poros seri ternyata kecepatan sudut masukan dan keluaran poros seri akan mendekati sama pada sudut operasi lebih kecil daripada 25° dan sudut fasa pada 90°.
Opini Anda
Klik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!
Kembali
Process time: 0.015625 second(s)