Anda belum login :: 23 Nov 2024 00:44 WIB
Detail
BukuAnalisis Manfaat Metode Target Costing Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Mengendalikan Biaya dan Meningkatkan Laba Pada PT Indomilk
Bibliografi
Author: Lestari, Indah ; Sjarief, Julianti (Advisor)
Topik: Target Costing; Analisis Manfaat
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Indah Lestari's Undergraduate Theses.pdf (281.61KB; 163 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FEA-3335
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Tingginya tingkat persaingan industri pengolahan susu kental manis (SKM) nasional, membuat PT Indomilk tidak dapat menjual SKM yang diproduksinya pada harga jual yang ditetapkan. Permasalahan ini berdampak pada menurunnya tingkat laba yang dicapai perusahaan. Sebagai alternatif solusi, penulis mengusulkan upaya meningkatkan laba perusahaan tanpa harus menaikkan harga jual SKM Indomilk melalui penerapan metode target costing. Target costing yang diterapkan harus melalui beberapa tahap, yaitu (1) penetapan target price, (2) penetapan target profit, (3) perhitungan target cost dan (4) pelaksanaaan value engineering untuk mencapai target cost. Setelah target costing diterapkan, ternyata pada harga jual yang sama terjadi kenaikan desire profit margin SKM Indomilk, yang semula Rp 850,- per kaleng menjadi Rp 1.100,- per kaleng. Keberhasilan tersebut dicapai perusahaan pada tahapan value engineering, yaitu melalui program penghematan biaya produksi dan non produksi secara menyeluruh. Program menghematan biaya dilakukan dengan tetap menjamin produk yang dihasilkan dapat memuaskan konsumen pada harga jual yang dapat diterimanya dan tetap mempertahankan kualitas produk SKM. Sehingga dapat dikatakan bahwa target costing merupakan salah satu alat manajemen untuk mengendalikan biaya produksi, meningkatkan laba, serta menentukan harga jual yang berfokus kepada minat dan daya beli konsumen. Diharapkan melalui penerapan target costing perusahaaan tidak hanya mensejahterakan kepentingan pribadi tetapi juga menjawab kebutuhan konsumen akan produk berkualitas.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.15625 second(s)