Anda belum login :: 23 Nov 2024 01:13 WIB
Detail
BukuMeningkatkan Hasil Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Menjelaskan Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V1 C Sd Tarakanita 4 Jakarta
Bibliografi
Author: Budhayanti, Clara Ika Sari (Advisor); TEGUH, YOHANES
Topik: Meningkatkan Hasil Dalam Pembelajaran Matematika
Bahasa: (ID )    
Penerbit: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Pendidikan dan Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya     Tempat Terbit: Jakarta    Tahun Terbit: 2008    
Jenis: Theses - Undergraduate Thesis
Fulltext: Yohanes Teguh's 1 Undergraduate Theses.pdf (620.36KB; 12 download)
Ketersediaan
  • Perpustakaan Pusat (Semanggi)
    • Nomor Panggil: FKIP-PGSD-40
    • Non-tandon: tidak ada
    • Tandon: 1
 Lihat Detail Induk
Abstract
Bangun ruang artinya benda yang memiliki ruang. Hasil belajar artinya sesuatu (nilai) yang diperolah setelah melakukan kegiatan belajar. Alat peraga artinya alat yang dapat membantu memperjelas materi yang sedang disampaikan.Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Mata pelajaran matematika dapatmengembangkan rasa ingin tahu, aktivitas, kreativitas, imajinasi, penemuan–penemuan dengan pemikiran yang original, dan membuat kesimpulan. Mata pelajaran matematika juga melatih kemampuan memecahkan masalah,menyampaikan informasi berupa data. Mata pelajaran matematika meliputi beberapa aspek antara lain aspek penguasaan konsep-konsep, penalaran dan komunikasi, dan penyelesaian masalah.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dalam pembelajaran matematika menggunakan alat peraga. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa yang ada di kelas 6 C SD Tarakanita 4 Jakarta. Alat peraga dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah untuk menemukan volume bangun ruang khususnya kubus dan balok.Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Alat peraga pada siklus 1 berupa model bangun ruang. Alat peraga siklus 2 berupa alat peraga kekekalan volume yaitu literan. Hasil temuan dalam penelitian ini yaitu bahwa alat peraga dalam pembelajaran memiliki peran positif, peserta didik senang,dapat melihat hal–hal konkret, siswa dapat menarik kesimpulan sendiri, guru lebih mudah dalam menyampaikan materi dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Mengingat pentingnya alat peraga dalam pembelajaran, sungguh diperlukan kesadaran para pendidik (guru) untuk sesering mungkin menggunakan alat peraga dalam pembelajaran. Tujuannya adalah agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Alat peraga mengarahkan siswa lebih melihat hal–hal yang konkret.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Lihat Sejarah Pengadaan  Konversi Metadata   Kembali
design
 
Process time: 0.234375 second(s)