Dunia perbankan saat ini sudah mengalami perubahan yang pesat dalam segi pelayanan nasabah. Hal ini tidak terlepas dari fungsi customer service sebagai ujung tombak perusahaan, yang dapat memberikan kepuasan layanan terhadap nasabah baru dan lama atas segala aktivitas yang terjadi sehari-hari di dalam bank. Karena pentingnya fungsi customer service ini, maka dilakukan audit manajemen atas fungsi customer service untuk menilai efisiensi dan efektivitas-nya pada PT Bank Jasa Jakarta. Pelaksanaan audit manajemen dilakukan dengan metode kuesioner pengendalian intern, wawancara dengan pihak manajemen bank, observasi atas kegiatan sehari-hari dari fungsi customer service, dan survei atas tanggapan nasabah terhadap pelayanan fungsi customer service. Hasil yang diperoleh adalah bahwa fungsi customer service telah dijalankan sesuai dengan prosedur dan kebijakan perusahaan. Layanan jasa yang diberikan oleh fungsi customer service juga telah mampu mengakomodasikan kebutuhan nasabah secara umum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi customer service di Bank Jasa Jakarta telah berjalan secara efisien dan efektif. |