Sebuah perusahaan didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Perusahaan berusaha dengan berbagai macam cara untuk meningkatkan penjualan perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan laba perusahaan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan cara memenuhi pesanan khusus (special order) dari pelanggan. Pada saat seperti inilah muncul peranan analisis biaya relevan yang sangat berguna dalam hal pengambilan keputusan. Analisis biaya relevan digunakan untuk menentukan diterima atau ditolaknya sebuah pesanan khusus dari pelanggan. Di dalam melakukan perhitungan analisis biaya relevan untuk pesanan khusus (special order), ada beberapa hal yang harus diperhitungan oleh pihak management. Pesanan khusus dihasilkan atau dipenuhi dari kapasitas perusahaan yang belum dimanfaatkan (idle capacity) sehingga biaya atas special order hanya berupa biaya variabel saja karena biaya tetap telah dibebankan seluruhnya pada penjualan yang reguler. Jika special order menggunakan tambahan sarana produksi, maka special order ini dibebankan tambahan biaya tetap atas penggunaan sarana produksi khusus untuk pelaksanaan special order. Jika pemenuhan pesanan khusus mengakibatkan adanya pengorbanan penjualan reguler, maka kepada pesanan khusus ini akan dibebani opportunity cost penjualan reguler yang dikorbankan sebesar contribution margin nya. Dengan demikian, diharapkan bahwa perusahaan dapat menerima pesanan khusus yang akan meningkatkan laba perusahaan dan menolak pesanan khusus yang akan merugikan perusahaan. |