Anda belum login :: 23 Nov 2024 05:00 WIB
Detail
ArtikelKemampuan Belajar Mandiri Dan Faktor-Faktor Psikososial Yang Mempengaruhinya: Kasus Universitas Terbuka  
Oleh: Kadarko, Wahyuni
Jenis: Article from Journal - ilmiah nasional - tidak terakreditasi DIKTI
Dalam koleksi: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh vol. 1 no. 1 (Mar. 2000)
Topik: Belajar Mandiri; Universitas Terbuka; Individual Learning
Fulltext: Wahyuni Kadarko.pdf (162.76KB)
Isi artikelPada saat ini, dunia pendidikan tinggi di Indonesia masih diwarnai oleh model pendidikan konvensional. Situasi ini berpeluang menimbulkan suatu kepincangan sosial ditinjau dari potensi sumber daya manusia yang ada, kondisi geografis Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan, dan kompleksitas dampak perubahan. Kepincangan tersebut adalah daya tampung yang terbatas, tidak demokratis, dan menghambat proses perubahan sosial. Untuk itu, diperlukan suatu reformasi pendidikan yang mengarah pada promosi egalitarisme dan demokrasi, yaitu suatu sistem pendidikan massal dan bukan pendidikan elitis. Penelitian yang mendasari makalah ini mencoba mengangkat masalah-masalah diatas dengan harapan dapat diperoleh satu solusi atas masalah belajar yang dihadapi mahasiswa UT, dan sumbang saran serta gagasan bagi penyempurnaan metode belajar mandiri dalam sistem pendidikan jarak jauh di Indonesia khususnya UT.
Opini AndaKlik untuk menuliskan opini Anda tentang koleksi ini!

Kembali
design
 
Process time: 0.015625 second(s)