Fungsi Pembelian merupakan bagian penting dalam setiap perusahaan karena fungsi ml menyangkut investasi dana yang cukup besar dan menentukan kelangsungan hidup dan operasi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi dan efekttfitas pembellan, mengevaluasi struktur pengendalian internal, mengidentifikasi kelemahan dan kebaikan prosedur pembelian serta membenkan rekomendasi perbaikan bagi pihak manajemen. Penelitian ml menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah transaksi pembelian yang dilakukan oleh perusahaan selama peniode Agustus 2006 sampai dengan Januari 2007. Pemilihan sampel dalam penelitian mi dilakukan dengan non-statistical sampling dan menggunakan pemilihan acak (Random-Number Selection). Pengolahan data dilakukan secara manual dan menggunakan pertimbangan profesional (professional judgment). Berdasarkan hasil penelitian, penulis berkesimpulan bahwa secara umum, sistem pengendalian internal dan prosedur pembelian yang telah diterapkan perusahaan cukup memadai serta fungsi pembelian pada PT Gramedia Asri Media telah dilaksanakan cukup efektif dan efisien. Hal ml dapat dmlihat dan pemisahan tugas yang jelas dan terlihat dalam struktur organisasi, formulir bernomor unit tercetak dan diotorisasi dengan benar. Namun demikian, masih terdapat beberapa kelemahan; antara lain: tidak ada pemisahan tugas antara penermmaan buku yang akan diretur dan buku baru yang dibeli dan pemasok serta antara orang yang mencatat dan mengawasi barang di gudang, tidak ada pencatatan atas barang yang keluar-masuk gudang, dan petugas pembelian tidak menerima tembusan Laporan Penerimaan Barang dan petugas penenimaan secara langsung. Oleh karena itu, untuk memperbaiki kelemahan tersebut dan dalam usaha peningkatan efisiensi dan efektifitas fungsi pembelian maka penulis membenikan saran perbaikan dan telah ditanggapi oleh pihak manajemen secara positif. |